Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Visi dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam

1.  Visi

Menjadikan Program Manajemen Pendidikan Islam yang Terkemuka Unggul dan Profesional yang memiliki potensi sebagai intelektual, ilmuan, peneliti, penggali dan pengembang khasanah serta pemimpin, manajer, konsultan manajemen pendikan Islam.

2.  Misi

a)   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada penajaman implementasi, pemikiran, penelitian, penggalian, dan pengembangan khazanah manajemen pendidikan Islam.

b)   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berusaha menyajikan informasi komprehensif dari wawasan sistematik dalam manajemen pendidikan Islam.

c)    Mengembangkan khazanah keilmuan manajemen pendidikan Islam melalui metode analisis, kritis, dan perbandingan (komparasi)

 

B. Tujuan

a. Tujuan Umum

Secara umum tujuan pendirian Program Manajemen Pendidikan Islam sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, pendidikan tinggi, dan pendidikan institusional

1)    Berdasarkan Undang-undang No. 20 tahun 2003. pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat. berilmu, cakap, mandiri dan menjadi wargnegara yang demokratis serta bertanggungjawab.

2)     Adapun tujuan pendidikan tinggi sebagaimana diatur dalm Undang-unt'ang No. 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi adalah a) berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa; b) dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa; c) dihasilkannya llmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan  bangsa   serta  kemajuan  peradaban  dan kesejahteraan umat manusia; d) dihasilkannya llmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia;

3)    Sedangkan tujuan pendidikan institusional adalah untuk: a) mengembangkan Mahasiswa menjadi intelektual. ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja serta mengembangkan diri menjadi profesional; b) menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang    memiliki    kemampuan    akademik   dan/atau profesional yang beriman dan bertaqwa (berakhlak mulia) serta menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu manajemen pendidikan Islam, teknologi yang berlandaskan ilmu pengetahuan Islam, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan pemberdayaan potensi serta taraf kehidupan masyarakat serta memperkaya kebudyaan nasional.

 

b. Tujuan Khusus

Berdasarkan ketiga tujuan umum tersebut ada tujuan khusus yang ditekankan pada aspek akademis, kelembagaan dan sosial kemasyarakatan

1) Tujuan Akademis

a)  Untuk membuka dan membehkan peluang peningkatan kualitas intelektual, kualitas yang keilmuan, kompetensi dan profesionalitas khususnya kepada dosen, guru, pengawas pimpinan pondok pesantren dan lembaga pendidikan Islam lainnya, serta praktisi pendidikan agama Islam, dan alumni/Iulusan strata satu agar mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan global.

b) Membina calon ilmuwan untuk memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan professional dibidang manajemen pendidikan Islam

c)  Mendidik calon ilmuwan manajemen pendidikan Islam yang memiliki integritas kepribadian, keislaman, dan berprilaku ilmuwan yang profesional.

d) Mendidik calon ilmuwan yang memiliki kemampuan meneliti secara profesional dalam bidang manajemen pendidikan Islam.

e) Mendidik calon ilmuwan yang berkemampuan manajerial dan kepemimpinan dalam berbagai posisi dalam sektor pendidikan maupun non pendidikan.

 

2)Tujuan Kelembagaan

a)  Memberikan kesempatan secara luas kepada masyarakat untuk meningkatkan, kualitas dan berpartisipasi sesuai dengan disiplin ilmu dan jenjang pendidikan yang mereka butuhkan.

b) Meningkatkan kredibilitas dan kewenangan institusional guna mengembangkan kerjasama/kemitraan dengan berbagai pihak. seperti instansi pemerintah, institusi pendidikan tinggi negeri maupun swasta baik di dalam maupun di luar negeri dan masyarakat pengguna lulusan program studi manajemen pendidikan Islam.

c)  Mendidik calon ilmuwan untuk mengetahui secara menyeluruh tentang perencanaan, pengorganisasian, pembiayaan, pengawasan, analisa kebijakan dan pengambilan keputusasan untuk seluruh program dan aktivitas pendidikan.

d)  Menciptakan atmosfir akademik untuk menghasilkan intelektual, peneliti, pengembang, konsultan, pemimpin dan manajer profesional yang memiliki daya saing dalam masyarakat global.

e) Mempersiapkan calon mahasiswa ke Jenjang Strata Tiga (S3) bidang Manajemen Pendidikan Islam.

 

3) Tujuan Sosial Kemasyarakatan

a)  Memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, cerdas secara intelektual, emosional sosial dan spiritual, serta berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab guna mewujudkan cita-cita masyarakat bangsa yang berakhlak karimah, amanah, adil dan sejahtera yang didasarkan pada pilar-pilar iman dan taqwa.

b) Untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat mewujudkan visi dan misi Provinsi Banten ke depan menunju Banten mandiri, maju dan sejahtera, serta terlibat secara bersama memecahkan masalah-masalah pendidikan dan kebudayaan masyarakat Banten dalam bingkai iman dan taqwa.

 

C.   KompetensiProgram Studi Manajemen Pendidikan Islam

 

Kompetensi yang diharapkan dari program studi manajemen pendidikan islam adalah:

  1. Ilmuwan manajemen pendidikan Islam yang memiliki integritas keIslaman, keilmuan dan kepribadian sebagai pemimpinIlmuwan yang memiliki kemampuan dan keterampilan kepemimpinan, manajerial, perencana, pengorganisasi, supervisor, penilai dan konsultan
  2. Tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kapasitas profesional dalam manajemen pendidikan Islam yang bermutu
  3. Pengawas Pendidikan Islam yang profesional
  4. Praktisi manajemen pendidikan Islam
  5. Praktisi manajemen pendidikan Islam yang profesional
  6. Pengembang manajemen mutu pembelajaran dalam peningkatan mutu pendidikan
  7. Konsultan manajemen pendidikan Islam
  8. Praktisi Dewan Pendidikan