Program Studi Pendidikan Agama Islam

VISI

Menjadi Program Magister Pendidikan Agama Islam terdepan di lingkungan Perguruan Tinggi Islam, yang melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat mampu melahirkan tenaga Pendidik Agama Islam pada perguruan tinggi dalam berbagai jalur dan jenjang pendidikan khususnya di program S-2 sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, serta memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan bermutu dalam hal Pendidikan Agama Islam sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis penelitian (magister by research) sehingga melahirkan tenaga pemikir, penemu dan pengembang dalam hal Pendidikan Agama Islam.
  3. Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan Islam, khususnya dalam hal Pendidikan Agama Islam.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri, dan masyarakat pengguna lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

 

TUJUAN

  1. Melahirkan sarjana setingkat magister yang memiliki integritas kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keunggulan akhlak, dan keluasan ilmu pada bidang Pendidikan Agama Islam, dan mampu mengembangkan, serta menerapkan pada tingkat satuan pendidikan (semua jenis, jalur dan jenjang), khususnya pada jenjang S-1.
  2. Melahirkan Magister Pendidikan Agama Islam yang memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga pendidik dan Pembina Pendidikan Islam pada -satuan pendidikan yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam.
  3. Melahirkan Magister Pendidikan Agama Islam yang memiliki wawasan keilmuan yang luas dan mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program doktor (S-3).

SASARAN

  1. Memiliki wawasan keilmuan, kepribadian sebagai pendidik, peneliti dan pengamat Pendidikan Agama Islam yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menguasai ilmu kebahasaan secara utuh bagi kepentingan pengembangan profesi keilmuan, khususnya pada jenjang S-1.
  3. Menguasai substansi Pendidikan Agama Islam secara teori maupun praktik.
  4. Mampu melakukan kajian ilmiah melalui penelitian, pengamatan dan eksperimen kependidikan.
  5. Mampu mengembangkan bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi tentang kependidikan.

 

STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Proses perkuliahan dengan system seminar, meneliti, dan menggali referensi serta ide-ide inovatif sehingga muncul pikiran-pikiran kritis dan kreatif. Dibarengi dengan pengaplikasian materi-materi religious  dalam proses perkuliahan dan kehidupan kampus.
  2. Materi Toefl dan Toafl sebagai materi ujian masuk para mahasiswa baru dengan skor masing-masing 450, pengantar mata kuliah studi Naskah Pendidikan baik Bahasa Arab maupun bahasa Inggris.
  3. Penyediaan mata kuliah – mata kuliah pendidikan Islam secara teori dan praktek
  4. Mengadakan seminar dan penelitian untuk mahasiswa serta mengarahkan para mahasiswa agar menulis tesis yang berkualitas.
  5. Tugas membuat bahan ajar, strategi, media, dan evaluasi melalui mata kuliah dosen yang bersangkutan.